Jumat, 12 Oktober 2012

TULISAN 4 (teori organisasi umum)



Berbagi Cahaya Seperti Lilin

Sebatang lilin memang bisa mengusir kegelapan, namun tak sepenuhnya bisa berpijar dan menerangi seisi ruangan, tapi perhatikan ketika api lilin tadi kita gunakan untuk menyalakan lilin-lilin lainnya. Ketika sejumlah lilin serempak menyala. Sinarnya mulai mampu menerangi sekelilingnya.

perhatikan pula ketika lilin membagi nyalannya kepada lilin lainnya. Apakah lilin tadi kehilangan cahayanya ? sama sekali tidak, bukan saja lilin tadi tak kehilangan sinarnya , bahkan secara bersama-sama dia mampu melipat gandakan sinarnya dan menerangi ruangan. Ya lilin memang tak pernah ragu untuk membagi cahayanya , makin lama di sekitarnya. Makin lama di sekitarnya semakin benderang dan tak pernah kehilangan cahayanya.

seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan seyogyanya bisa menangkap hakikat filosofi lilin. Dengan mengajarkan dan mengamalkan ilmunya, seseorang tak akan kehilangan ilmunya. Yang terjadi justru ia membuka pengetahuan dan waawasan orang yang di ajarnya, sehingga orang tadi pun ibarat lilin mampu berbuat lebih banyak untuk masyarakat di sekitarnya. Hasilnya, dengan berbagi ilmu pengetahuan dan bahu membahu kita bisa lebih optimal dibandingkan bila kita mengerjakannya.

memang terkadang masih ada orang yang enggan berbagi ilmu, khawatir orang yang kita ajarkan menjadi lebih pandai dari dirinya sendiri . pendapat seperti ini sudah harus dikuburkan. Ketika seseorang membagi ilmu, tentu ia akan semakin pandai dia pun harus terus belajar untuk menguasai ilmunya. Dengan cara ini bukan hanya ilmu nya yang akan bertambah dia pun akan menjadi lebih profesional di bidangnya.

Namun , kalau pun para ”murid”nya berpijar lebih bersinar melebihi sinarnya , apakah tidak cukup bangga dengan benderang yang di hasilkan bersama , yang bermula dari nyala yang kecil ,berkat ilmu pengetahuan yang disebarkan dan di amalkan lbih banyak individu maupun masyarakat yang bisa memetik hasilnya.

Mari menjadi lilin untuk terus bersinar bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar