Rabu, 28 November 2012

TULISAN 13 (teori organisasi umum)


Perawatan di kala musim hujan

 

Hujan telah tiba , hujan telah tiba !!! horai horai horai …. J

 

LANGIT mulai memperlihatkan perubahan. Yang tadinya konsisten berwajah ceria kini sesekali mulai mendung dan tak ragu untuk meneteskan air hujan. Apabila alam sudah menampakan “wajah” lain. Mau tak mau kita harus berjaga-jaga. Selain kesehatan, kendaraan pribadi perlu juga mendapatkan perhatian khusus untuk menghadapi musim hujan agr tetap tampil prima. Berikut merupakan komponen-komponen yang perlu di perhatikan ketika musim hujan telah tiba agar tidak rewel.

 

Karburator


Persoalan klise ketika musim hujan adalah sepeda motor yang rentan mogok. Derasnya air hujan dapat menyebabkan udara masuk kedalam mesin sehingga mengganggu proses pembakaran di ruang bakar karena mengandung uap atau  butiran air, akibat proses pembakaran yang tidak sempurna inilah yang membuat mesin rewel dan sepeda motor sulit untuk di starter.

Apabila anda kerap menerobos jalanan yang di genangi air dengan ketinggian lebih dari 20cm, lakukanlah pemeriksaan. Bagian yang perlu di perhatikan adalah tangkai, pipa, keran bensin, serta karburator.

 

Oli mesin


Air genangan yang ada di jalan kemungkinan besar akan ikut masuk kebagian mesin. Proses masuknya air dapat melalui beberapa lubang maupun dari sela-sela mesinkarena gasket atau seal diantara blok mesin telah usang. Dalam memeriksanya, kendurkanlah penutup oli mesin memiliki unsure warna putih, ada yang ganjal.

 

Peranti pengereman


Selain masuk ke dalam mesin, air hujan dapat menorobos ke sela-sela tromol rem sehingga kanvas rem basah, piston, atau kaliper rem cakram tidak kuat mecengkram piringan cakram. Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan fungsi rem depan maupun belakang. Pastikanlah pula tidak ada suara berdenyut.

 

Knalpot


Air hujan juga dapat menempel di bagian dalam knalpot bersama kotoran yang lain. Inilah yang dapat membuat knalpot menjadi korosi.

Untuk menyiasatinya, segera bersihkan air yang masuk kedalam knalpot, setelah sepeda motor dicuci bersih, panaskan mesin . jangan lupa untuk menyemprotkan oli kedalam knalpot dan oles bagian leher knalpot dengan grease. Kemudian, panasi kembali mesin sepeda motor. Pastikanlah kendaraan tetap tampil optimal di kala musin hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar