Sabtu, 29 September 2012

Tulisan 1 Teori Organisasi Umum


Tips Memompa Kemauan

Pada dasarnya setiap orang bisa menemukan sendiri jalan untuk memompa kemauannya . Namun , untuk memudahkan sebaiknya anda mencoba beberapa cara . Jika anda disiplin , target yang anda tetapkan bisa tercapai . berikut merupakan beberapa cara yang bisa anda coba dalam memompa kamauan :

1.      Fokuskan perhatian pada apa yang anda miliki . Dari ppda anda sibuk memikirkan apa yang anda tidak memiliki , lebih baik anda fokuskan  pada apa yang anda punya dan mulai memikirkan bagaimana cara memberdayakan apa yang anda miliki tersebut . sertakan dengan kalimat yang membangun seperti “SAYA BISA” , “SAYA MAU” , “SAYA YAKIN” , Kemudian pasang terget yang membuat anda bertambah semangat  , ingat selalu akan hal-hal yang memotivasi anda  .
2.      Bangga saat melakukannya . apapun target anda , semua itu bisa tercapai kalau anda melakukannya  satu persatu . untuk menambah motivasi , bersikaplah bangga dengan prestasi yang telah  anda capai . jangan terpaku pada jalan yang masih panjang yang belum terselesaikan , Kalau perlu hadiahi diri sendiri dengan suatu hal yang telah anda raih .
3.      Buat target yang mudah . lebih baik membuat target yang mudah dari pada membuat target yang berat , karena biasanya target yang berat membuat hati menjadi ciut . target yang kecil membuat anda lebih sedikit kemauan dari pada target yang berat . kjeberhasilan akan membuat anda berani mencoba lagi dan menselesaikan semuanya dengan sukses .
4.      Bila selama ini kemauan anda belum pernah teruji , sebaiknnya jangan memilih target yang memberi perubahan besar dalam anda. Membangun kemauan sama seperti membangun otot . karena itu anda harus melakukan hal-hal biasa yang tak membutuhkan banyak usaha . seperti mematikan keran setelah mandi , mematikan lampu saat hari sudah terang , merapihkan tempat tidur setelah anda bangun tidur .
5.      Jangan mematok target berlebihan . jangan berharap seperti  Crish John bila postur tubuh anda tidak memungkinkan . turunkan target anda menjadi lebih masuk akal . tapi jangan terlalu rendah karena nanti anda tak mempunyai semangat untuk meraihnya .
6.      Pastikan target iru memang impian anda . tanyakan pada diri anda apakah taget ini memang anda inginkan atau hasil paksaan dari orang tua atau orang lain . akan sulit untuk maju jika suatu hal yang akan di capai berdasarkan hasil pemaksaan dari orang lain atau bukan kemauan sendiri .
7.      Buat rencana. Ambil waktu utnuk merencanakan bagaimana anda bisa mencapai target yang telah di tentukan. Cobalah menemukan beberapa cara untuk meraihnya dua pilihan lebih baik dari pada Cuma satu. Tapi jangan juga terlalu banyak rencana karna bissa membuat anda dilema yang berlebihan.
8.      Sampaikan pada teman. Kita cenderung menutupi rencana kita dari orang lain karena khawatir orang lain akan mengejek bila tak tercapai. Sayangnya usaha melindungi diri sendiri justru membuat kemauan melemah. Dengan menyampaikan rencana dan target kita pada orang lain , efek yang dapat anda rasakan justru akan menambah kekuatan si kemauan.  Bahkan , terkadang  bisa membentuk kelompok yang mengalami masalah sejenis . ini akan sangat membantu kita dalam mencapai target. Dukungan semangat serta rasa simpati akan membawa anda dalam keberhasilan bagi usaha kita.
9.      Jangan memaksakan  diri. Bila di tengah proses anda merasa bosan dan mandek. Berhentilah sejenak. Beri kesempatan pada diri anda untuk beristirahat. Tetapi setelah itu jangan lupa melakukan hal-hal yang diperlukan. Sekali kita bisa melakukan hal ini , otomatis anda bisa tahan lebih lama, dan  bahkan akhirnya bisa terbebas dari kebosanan.
10.  Istirahatlah. Berhenti sesaat bukan berarti anda lemah. Malas dan tak disiplin. Malah , sebenarnya anda tengah berada dalam proses memutus kebiasaan yang buruk dan menggantinya dengan yang baru. Jadi jangan terburu-buru putus asa. Dari pada menuduh diri sendiri malas dan payah , sebaiknya anda melihat sisi positifnya. Yaitu mencari sebab mengapa ingin berhenti. Atasi penyebabnya dan lanjutkan usaha anda meraih target yang telah anda rencanakan! Nah dengan tips diatas semoga kemauan anda bukan melagi sebuah kemauan. Melainkan dapat berubah menjadi tindakan nyata yang akan membantu anda mewujudkan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar